Sabtu, 11 Oktober 2008

Bikin Kue Serabi

Kue Serabi Ijo
Posted by Dewi on Nov 2, '06 8:59 PM for everyone
Category: Desserts

Description:
Kue Serabi Ijo ini resepnya aku contek dari mbak Estherlita. So, resep yang ada disini copy paste aja dari punya mbak Esther hehehehe..udah dapet ijin kok :-)

Berawal dari JJ yang penggemar jajan pasar dan kue tradisional, beda banget sama aku yang doyan juga tapi nggak demen banget kek JJ. So, serabi ini adalah pesanan JJ. Uplek sana sini akhirnya mutusin pake resep mbak Estherlita yang make tepung beras karena kebetulan aku udah keburu beli tepung beras di pasar Tebet siangnya.

Bikinnya udah lama bener..dari awal October yang lalu tapi baru sempet laporan sekarang hehehehehe...berhubung nggak punya wajah cekung untuk serabi seperti punya mbak Esther ato yang seperti dijual di pasar tradisional ya udah pake yang ada aja di rumah, wajan teflon hehehehehe...bentuknya nggak secantik punya mbak Esther tapi rasanya jangan ditanya, uenakkkk..JJ makan lahap banget nggak brenti-brenti. Aku sendiri 1 aja cukup hihihihihi....menurutku emang enak tapi juruhnya yang terbuat dari santan dan gula merah always bikin aku maju mundur, biasa parno.com

1 resep jadinya buanyak bener, sedangkan yang makan di rumah cuman JJ dan para asisten aku dan anak-anak not a serabi lovers, so akhirnya aku putuskan bagi-bagi rejeki ke tetangga sebelah kiri kanan depan buat temen buka puasa :-)

Ingredients:
200 tepung terigu
150 gr tepung beras
3 butir telur
3 sdm gula pasir
1 sdt garam
2 sdm santan bubuk (berhubung nggak punya aku pake 600ml santan cair)
2 sdt baking powder
600 cc air (nggak pake air lagi karena udah diganti sama santan cair)
pasta pandan secukupnya (aku pake kira-kira 1/2 - 1 sdt deh...sorry lupa udah kelamaan hehehehehehe)

Directions:
1. Campur semua bahan, sampai licin kalau perlu saring. Diamkan minimal 15 menit sampai 30 menit, biar baking powdernya bekerja.
2. Masak dalam panci cekung atau pan dadar kalau gak ada yang cekung 1 sendok sayur setiap kalinya. (aku pake wajan teflon biasa)
3. Pakai api yang kecil juga burner/api kompor yang paling kecil supaya hasilnya bagus, keluar sarangnya.

kuah :
Kinca :
150 gr gula merah ( kalau suka manis boleh ditambahkan).
1000 cc air direbus sampai gula larut lalu saring. (aku pake 200 cc air saja)
rebus lagi air gula merah dengan daun pandan, masukkan santan bubuk 3 sdm atau lebih, bila suka kental (aku ganti dengan memasukkan santan cair 800 cc berhubung nggak punya santan bubuk). Beri garam 1/2 sdt, biar lebih gurih.
1 sdm tepung maizena dilarutkan dengan air 2 sdm masukkan kedalam larutan santan gula merah, aduk2 sampai mendidih, sajikan.
gunanya maizena agar kincanya gak terpisah antara lapisan santan dengan air gulanya atau pecah.

Tidak ada komentar: